Mengenal Hati

Siapakah yang paling mengenal tentang hati? Coba sekarang Anda bayangkan Anda ambil hati Anda dari tempatnya, letakkan di tangan Anda, dan tepat di hadapan Anda. Sambil tetap mengamatinya bacalah renungan ini.

Hati manusia itu satu tapi kondisinya bisa bermacam-macam sehingga terkadang ketika kita mencoba untuk memahami hati kita, kita sendiri tidak mengerti, apalagi orang lain. Terkadang pada waktu-waktu tertentu kita mengharapkan ada orang yang mampu untuk mengerti hati kita, namun pada akhirnya kita sendiri kecewa karena orang yang kita harapkan untuk mengerti tidak bisa mengerti hati kita sepenuhnya.

Firman Tuhan telah mencatat tentang hati seperti yang tertulis dalam matius 13:1-7. Hati dalam Firman Tuhan diumpamakan sebagai tanah. Apa yang ditulis dalam Firman Tuhan telah cukup untuk menggambarkan semua kondisi atau keadaan yang ada seperti sekarang.

Ada 3 kondisi hati. Pertama, jalan, karakter dari jalan adalah keras begitupula hati inipun bisa menjadi keras. Banyak hati orang yang menjadi keras atau mereka berusaha mengeraskan hati karena kondisi yang terjadi. Mungkin dahulu mereka memiliki hati yang lemah lembut namun setelah menghadapi berbagai cobaan hidup yang keras itu menjadikan hati mereka keras. Bukan hanya cobaan hidup yang mereka nilai tapi perhatian atau kasih dari orang lain akan mereka tanggapi secara dingin pula. Pendek kata hati mereka menjadi hati yang dingin.

Kedua, bisa saja hati menjadi hati yang berbatu-batu. Hati yang berbatu-batu adalah hati yang tidak rata. Hati ini jika tidak kita perhatikan sungguh-sungguh dapat menjadi hati yang berlubang atau tidak rata karena tertekan oleh batu-batu kehidupan. Tekanan hidup jika dibiarkan menghantui akan membuat orang menjadi stres berat, lari kepada narkoba, pergi ke dukun atau paranormal, gila, bahkan sampai bunuh diri.

Ketiga, atau apakah hati ini adalah hati yang sedang terluka karena semak duri. Semak duri bisa tumbuh di mana saja meski di tempat yang kering. Ini berarti hal-hal yang bisa membuat hati terluka bisa di mana saja. Bermacam-macam hal yang bisa membuat hati seseorang itu terluka mulai dari pelecehan seksual, penghinaan dari orang tua, ataupun perbuatan atau omongan seseorang yang tidak sengaja terlontar.

Saya ingin memastikan bahwa hati Anda masih ada di hadapan Anda. Semua kondisi hati di atas mungkin untuk dialami semua orang, termasuk Anda. Mungkin Anda sedang mengalaminya? Anda bertanya mengapa semua cobaan ini harus Anda alami sehingga hati Anda menjadi hati yang dingin, berlubang, atau terluka?

Alkitab punya jawabannya. Tidak ada seorangpun juga yang mampu untuk memahami persoalan hati, termasuk dirinya sendiri. Jangan pernah menyerahkan hati kita kepada manusia karena pada akhirnya kita yang akan kecewa. Jangan menyimpan hati kita untuk diri kita sendiri karena kita tidak mampu untuk menjaganya. Serahkan hati kita kepada Tuhan, maka Dia yang akan menjagaNya. Di tangan Tuhan setiap hati akan seperti tanah yang baik dan subur. Dia yang menciptakan hati maka Dialah yang paling mengenal hati Anda.

Tahukah Anda selain Anda yang mengamati hati Anda Tuhan juga sedang mengamatinya saat ini? Tangannya menunggu untuk menyambut setiap hati yang akan diserahkan kepadaNya. Bagaimanapun kondisinya Tuhan akan menerimanya. Firman Tuhan berkata: “…jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Tuhan pandang hina”.

Maukah Anda menyerahkan hati Anda kepada Tuhan? Terimalah Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat Anda dan ijinkan Yesus masuk ke dalam hati Anda. Teruslah hidup di dalam Tuhan, pergilah ke gereja, berdoa dan bacalah Alkitab setiap hari. Doa saya semoga Anda terus bertumbuh di dalam Kristus. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s