Satu Tuhan

Atau adakah Tuhan hanya Tuhan orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga adalah Tuhan bangsa-bangsa lain! Artinya, hanya ada satu Tuhan, yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersunat juga karena iman.
Roma 3:29-30

Beberapa kata-kata dalam ayat tersebut di atas saya ubah dengan tujuan memudah pemahaman dalam kita membacanya, tanpa mengubah arti yang sebenarnya. Untuk itu saya cantumkan juga dalam bahasa Inggrisnya.

Is God the God of Jews only? Is He not the God  of Gentiles too? Yes, of Gentiles too, since there is only one God, who will justify the circumcised by faith and the uncircumcised through that that same faith.

Roman 3:29-30 NIV

Hanya ada satu Tuhan yang akan membenarkan kita atas dasar iman kita kepadaNya. Dalam dunia ini ada banyak hal yang bisa dijadikan tuan (lord) oleh manusia. Seseorang menghormati orang yang menjadi tuannya. Lain halnya jika penghormatan itu berubah menjadi pemujaan, maka status tuan akan berubah Tuhan (God) bagi orang tersebut. Jadi, ketika seseorang mengakui sesuatu (tuannya) sebagai Tuhannya, hal itu pasti melibatkan unsur penyembahan di dalamnya. Oleh karena itu, sekali lagi, dalam dunia ini ada banyak hal yang dapat menjadi tuan bahkan menjadi Tuhan bagi masing-masing orang (bisa orang, pohon, batu, uang atau sesuatu/pribadi yang ia sebut sebagai Tuhannya). Tiap-tiap orang dimungkinkan sekali untuk memiliki Tuhan yang berlainan. Bahkan dimungkinkan bagi satu individu untuk memiliki lebih dari satu Tuhan. Hal ini nampak pada ayat Firman Tuhan di bawah ini.

Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dan kepada Mammon.

Matius 6:24

Apabila ia mengabdi pada Mammon maka ia akan menyebut Mammon sebagai Tuhannya dalam penyembahannyapun ia tertuju pada Mammon. Yesus (Yeshua), Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan dalam setiap pujian, penyembahan, doa, bahkan dalam waktu dalam kehidupan kita. Apabila kita mengabdi pada Yesus maka kita akan menyebut nama Yesus dan penyembahan kita tertuju pada Yesus (Yeshua), bukan pada yang lain.

Mungkin kendala yang kita alami adalah perbedaan bahasa. Alkitab yang kita pakai adalah alkitab terjemahan, jadi wajar jika ada perbedaan bahasa termasuk juga perbedaan pengucapanya. Oleh karena itu, biar perbedaan bahasa dan pelafalannya tidak menjadi hambatan bagi kita untuk memanggil nama Tuhan kita. Apakah kita mengenal Tuhan yang kita sembah? Apakah kita tidak mengenal namaNya? Nama Tuhan yang oleh Yesus dipanggilNya dengan sebutan Bapa? Pribadi yang sangat disanjung tinggi oleh Yesus dan Yesus turun ke dunia untuk menyatakan sosok Bapa itu kepada manusia agar setiap orang mengenal kepadaNya, tahu segala perbuatanNya, mengenal kasihNya (Yohanes 3:16), menaruh percaya kepadaNya, agar setiap orang yang berseru kepada (nama)Nya diselamatkan.

Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal…

Yohanes 4: 22

Apa jadinya kita jika kita tidak pernah tahu Yesus? Apa jadinya kita jika kita tidak pernah kenal nama Yesus? Apakah kita tetap akan diselamatkan? Kita tidak akan pernah tahu ke mana lagi kita bisa berseru selain pada nama Yesus. Apa jadinya kita jika kita tidak tahu nama Bapa kita?

Aku dan Bapa adalah satu.
Yohanes 10:30

Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.
Matius 23:9

Saya pernah bertanya pada seseorang yang juga Kristen, siapakah nama Bapa kita? Dia tidak tahu. Namun pada akhirnya dia menjawab Allah. Memang untuk hal ini ada ayat dalam Alkitab terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

… jawab mereka: “kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah.”
Yohanes 8:41

Alkitab yang kita pakai adalah Alkitab terjemahan. Maksud LAI terhadap setiap pemakaian kata “Allah” adalah untuk mengacu untuk suatu sebutan yang diperuntukkan bagi Bapa, dan bukan diperuntukkan bagi suatu nama. LAI memakai kata “TUHAN” (dalam huruf kapital semua) untuk mengacu pada nama Bapa, bukan sebutan. Namun benarkah Allah hanya suatu sebutan dan bukan merupakan suatu nama sehingga kita juga bisa memanggil Allah sebagai Bapa kita? Bapa yang membenarkan kita berdasar iman? Ternyata Allah bukan hanya sekedar sebutan namun juga merupakan nama bagi Tuhan yang lain selain TUHAN (terjemahan LAI untuk nama Bapa).

Wayomer Elohim El-Moshe ehyeh wayomer Ko tomar livney Yisrael ehyeh selakhni aleikhem.
Berfirman Elohim sesembahan Moshe (Musa): “AKU ADA YANG AKU ADA” dan berfirman katakana kepada keturunan Yisrael “ AKU ADA” mengutus aku kepadamu.
Keluaran 3:14

AKU ADA YANG AKU ADA bukanlah nama. Ayat ini mempunyai pengertian Bapa Yahweh memberitakan eksistensiNya/keberadaanNya. Terhitung sudah satu tahun saya memangil Dia, Bapa. Dan saya tahu nama yang telah Dia nyatakan sendiri, yaitu Yahweh.

Tulisan ini saya tujukan bagi pemulihan nama Bapa kita. Tidak ada maksud lain. Selama ini orang Kristen seolah terpecah belah karena tidak ada satu Tuhan, yang telah menyatakan diriNya turun ke dunia melalui Yesus. Terpecah karena mengakui Tuhan yang lain sebagai BapaNya. Bukan kesalahan kita jika kita memanggil Tuhan yang kita maksud dengan nama lain. Hal ini disebabkan karena  selama ini mata kita tertutup oleh selaput yang menutup kita untuk melihat kebenaran. Kita lebih suka menghindari kontroversi dan mengikut tradisi yang sudah ada, seperti kebiasaan orang lain yang memanggil Tuhan dengan Allah.

Bagaimana dengan Anda? Saya tidak akan memaksakan apa yang saya tuliskan ini seolah-olah adalah kehendak saya pribadi. Semua tergantung pada Anda sendiri, mau menerimanya atau tidak. Tuhan memberkati.

2 thoughts on “Satu Tuhan

  1. mengapa bapa enak-enakan tinggal di sorga, sedangkan anak-anaknya banyak yang hidup dalam kesusahan? mereka bernyanyi kesedihan setiap hari, mengapa?

    • boleh saya tahu dari mana Anda tahu bahwa bapa enak-enakan di surga dan dari mana anda tahu bahwa anak-anakNya banyak yang hidup dalam kesusahan dan menyanyi dalam kesedihan setiap hari?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s